RSS

Hentikan Teror Bernuansa Agama

25 Sep

 

Bom bunuh diri  dengan alasan apapun  di gereja GBIS di Solo tadi pagi (25/09/2011) pukul 10.55 Wiba adalah  tindakan sangat biadab dan menimbulkan kesedihan luar biasa. Kalau bomber itu dilakukan oleh orang yang mengaku islam, maka dia tidak faham bagaimana beragama yang seharusnya. Bukan beragama semaunya. Baginda Rasulullah di masa kenabiannya, melarang untuk merusak gereja dan rumah peribadatan lainnya, saat menaklukkan Madinah. Wanita, anak-anak dan orang tua juga tidak boleh diganggu.

Tetapi tindakan bom bunuh diri yang terjadi pagi tadi membuktikan bahwa ada orang-orang memahami dan menjalankan agama dengan cara yang keliru. Dipikirnya bahwa orang lain yang tidak melakukan amaliah agama yang berbeda dengan dirinya atau kelompoknya, harus dilenyapkan.

Dari kejadian tadi pagi, berbagai analisa bisa dimunculkan. Mulai dari perspektif agama, dimensi kepentingan “permainan” politik dan atau lainnya. Namun yang lebih penting dari semua itu adalah jangan lagi hal-hal seperti itu terjadi dan terus terjadi. Kita semua harus memainkan peran dan upaya untuk menciptakan kedamaian disekitar kita. Persoalan pribadi jangan di bawa ke arah kepentingan kelompok dan suku.

Kehidupan berbangsa dan bermasyarakat kita harus dikondisikan agar menjamin nyaman dan aman bagi siapapun. Berbagai cara bisa dilakukan. Di kelompok kajian-kajian agama kita harus kembangkan kajian yang memupuk rasa persaudaraan. Bukan meningkatkan rasa membenci. Begitu juga pada berbagai komunitas dan elemen lain yang hidup, tumbuh dan berkembang di masyarakat. Harus ditingkatkan semangat persatuan bangsa yang dibutuhkan bagi semua.

 

Tag:

One response to “Hentikan Teror Bernuansa Agama

  1. Grace

    Mei 10, 2012 at 8:20 am

    saya sbg seeorang Kristiani hanya dpt berdoa agar kedepan tidak ada kejadian seperti ini. amin…:)

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: