RSS

Pengertian Hukum

24 Okt

Pengetian Hukum menurut :

a.       Prof. Mr. E. M.Meyers

Hukum adalah semua aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan, titunjukan kepada tingkah laku manusia dalam masyarakat, dan menjadi pedoman bagi penguasa Negara dalam melaksanakan tugasnya.

b.      Leon Duguit

Hukum adalah aturan tingkah laku anggota masyarakat, aturan yang daya penggunaannya pada saat tertentu di indahkan oleh suatu masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama dan yang pelanggaran terhadapnya akan menimbulkan reaksi bersama terhadap pelakunya.

c.       Drs. E. Utreecht. S.H

Hukum adalah himpunan peraturan yang terdiri dari norma dan sangsi , dengan tujuan mewujudkan ketertiban dalam pergaulan manusia.

d.      S. M. Amin S.H

Hukum merupakan kumpulan peraturan yang terdiri dari norma dan sangsi , dengan tujuan mewujudkan ketertiban dalam pergaulan manusia.

e.       J .C. T. Simorangkit, S.H. dan Woerjono SastroPranoto, S.H

Hukum adalah peraturan-peraturan yang bersifat memaksa, yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat, yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib, dan pelanggaran terhadapnya mengakibatkan diambilnya tindakan , yaitu hukuman tertentu.

 


Kaidah Norma dalam masyarakat

1.      – Norma agama

Berasal /bersumber dari Tuhan yang disampaikan melalui utusan-Nya yang berisi perintah, atau anjuran-anjuran.

Sangsinya tidak langsung , karena akan diperoleh setelah meninggal dunia ( pahala atau dosa )

2.      – Norma Kesusilaan

Berasal /bersumber dari hati nurani manusia ( insan kemil ) tentang baik buruknya suatu perbuatan .

Sangsinya tidak tegas, karena hanya diri sendiri yang merasakan ( merasa bersalah , menyesal , malu , dsb )

3.      – Norma Kesopanan

Berasal/bersumber dari peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan segolongan masyarakat dan dianggap sebagai tuntunan pergaulan sehari- hari masyarakat itu.

Norma kesopan bersifat relatif artinya apa yang dianggap sebagai Norma kesopanan berbeda-beda diberbagai tempat, likungan, atau waktu.

Sangsinya tidak tegas . tapi dapat diberikan oleh masyarakat berupa celaan , ( emosien, atau dikucilkan dari pergaulan )

4.      – Norma Hukum

Berasal/bersumber dari pedoman hidup yang dibuat dan dipaksakan oleh lembaga politik suatu masyarakat ( Negara )

Sangsinya tegas * Nyata **, serta mengikat dan bersifat memaksa.

Keterangan

*Tegas, artinya ada aturan yang telah dibuat dan secara material telah diatur ( UU,    peraturan pemerintah, KUHAP, dan sbb )

** Nyata, berarti adanya aturan yang secara material telah ditetapkan kadar hukumnya berdasarkan perbuatan yang dilarangnya.

Contoh : Pasal 359 KUHP menyebutkan ,’’ barang siapa karena kealpaannya menyebabkan kematian orang lain diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau kurang lama satu tahun ‘’.

 

 

 

Tag:

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: